Paw Paw

Hmm.. mungkin nama buah ini gak terlalu sering didengar yah. Tapi bagaimana dengan pepaya, pasti semua tau kan? Ya, buah pawpaw ini emang memiliki nama lain Carica Papaya.

Lalu, apa yang menarik dengan buah pawpaw ini? Mari kita kenal lebih dekat.

Bagi kebanyakan orang, buah pepaya bukan merupakan buah favorite. Apalagi dengan harga yang tergolong murah, bisa dibilang pepaya merupakan buah yang kurang elite. Jadi tidak heran juga kalau buah berwarna oranye kemerahan ini dipandang sebelah mata.

Namun penilaian orang mulai berubah semenjak beberapa orang mulai mengadakan penelitian akan manfaat buah pepaya. Salah satu diantaranya adalah Tom Mc Arthur. Pada saat bertugas di hutan Borneo tahun1960-an sebagai tentara Inggris, Tom melihat masyarakat setempat menggunakan pepaya untuk mengobati luka. Dan sejak saat itupun ia memulaipenelitiannya, walaupun banyak orang meragukan dan menertawakannya.

Pada akhirnya Tom banyak menolong orang dengan produk perawatan kulit berbahan dasar papaya buatannya. Professor Michael Woodmard, seorang ahli dalam bidang wound management pun mengatakan bahwa kandungan dalam papaya mampu membantu menyembuhkan luka kronis sekalipun.

Disamping menyembuhkan luka, tumbuhan pepaya juga memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Bahkan bukan hanya buahnya yang berkhasiat, melainkan daun dan akarnya pun juga. Perasan daun pepaya yang berwarna hijau dipercaya dapat membantu menyembuhkan malaria.

Selain itu daun pepaya juga berguna untuk menyembuhkan penyakit diabetes, sembelit dan asma. Bagaimana dengan akar papaya? Akar papaya dikenal baik untuk memperlancar pernapasan, sehingga baik untuk mereka yang teserang batuk maupun bronchitis.

Wow! Ternyata banyak sekali manfaat dari buah yang terabaikan ini. Buah pepaya yang dibilang kurang berkelas dan memiliki penampilan kurang menarik ini ternyata mempunyai berbagai manfaat yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Hal ini membuat banyak orang berkata kalau pepaya ini telah mengalami transformasi dari “zero” to “hero”. Tapi jika kita mau melihat lebih lagi, sebenernya pepaya ini ga pernah menjadi ”zero”. Sejak dijadikan, Tuhan
telah menetapkannya sebagai “hero”, buah yang kaya akan vitamin dan bermanfaat.

Hanya saja manusia yang tidak menyadari dan mengabaikannya.

Akhir kata, marilah kita semua belajar untuk menemukan potensi maupun talenta yang sudah Tuhan beri dalam hidup kita, karena Dia rancangkan setiap ciptaanya untuk menjadi “hero”.

Author – Dyah Ayu Prasetyo Utami