Lambung

Lambung atau juga yang disebut ventrikulus merupakan salah satu yang termasuk di dalam alat percernaan manusia. Alat ini berupa suatu kantong yang terletak dibawah sekat rongga badan dan terbagi menjadi tiga daerah. Kardia yang adalah bagian daerah atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan. Fundus adalah bagian tengah dan  bulat. Dan bagian yang ketiga adalah pilorus yang terletak di bagian bawah lambung yang berhubungan dengan usus 12 jari.

lambungDi dalam lambung makanan yang masuk dicerna secara kimiawi. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot. Kontraksi dari ketiga macam lapisan otot tersebut mengakibatkan gerakan peristaltic yang menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk. Pada dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung yang mengandung asam lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.

Enzim yang bekerja dengan bantuan dari otot lambung, mengubah makanan menjadi lembut seperti bubur disebut kim. Otot lambung pilorus mengatur pengeluaran bubur sedikit demi sedikit. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan mengendur ketika tersentuh oleh kim yang bersifat asam dan sebaliknya otot pilorus yang mengarah ke duodenum akan mengerut. Makanan akan terus dicerna sampai keasamannya menurun. Dan makanan akan melewati pilorus menuju ke duodenum segumpal-segumpal agar makanan dapat dicerna secara efektif. Setelah melewati sekitar 2 sampai 5 jam lambung akan kosong kembali.

Melihat cara kerja lambung yang cukup complicated, ini mengingatkan kita kembali akan kebesaran dan keagungan Tuhan. Dia telah menciptakan manusia sedemikian sempurna bukan wujud luarnya saja tetapi juga sampai kepada organ-organ yang ada di dalam tubuh. Salah satunya adalah lambung yang dapat mencerna setiap makanan yang masuk. Bayangkan kalo makanan yang masuk tidak tercerna dengan sempurna apa yang akan terjadi? Semua makanan akan terkumpul dan lama-lama makanan didalam lambung akan penuh dan bahkan akan membusuk. Tapi karena kerja lambung yang unik ini, setiap makanan yang masuk akan dicerna melalui suatu process yang di akhir process tersebut lambung akan kembali kosong.

Author – Enny Jusuf