Origin of Music

Memang harus diakui bahwa musik merupakan sesuatu yang penting dalam hidup manusia. Meskipun secara fisik kita bisa hidup tanpa musik, namun hidup akan terasa hambar tanpanya. Lalu darimana musik berasal? Anugerah ini ternyata diberikan oleh pencipta kita, Tuhan Allah.

Tuhan berfirman dalam Ayub 38:7, pada saat masa penciptaan, bintang-bintang fajar bersorak. Hal ini membuktikan bahwa Tuhan yang menciptakan musik bukan manusia. Lebih lagi dikatakan dalam Wahyu 14:2-3, ada suara permainan kecapi dan nyanyian yang dinyanyikan di surga. Dari sini dapat dilihat bahwa Tuhan jugalah yang menciptakan alat musik. Lalu Tuhan menganugerahkan alat musik kepada manusia melalui Yubal yang dicatat dalam Kejadian 4:21; Yubal adalah bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah tujuan Tuhan memberi manusia musik? Dalam Mazmur 30:4 kita diberi perintah untuk menyanyikan mazmur bagi Tuhan dan mempersembahkan syukur kepada namaNya yang kudus. Di Mazmur 33, pemazmur mengajak kita untuk memuji Tuhan dengan alat musik. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan utama musik diciptakan adalah untuk memuji dan menyembah Tuhan.

Teori evolusi tidak dapat memberi tahu kita asal mula musik atau mengapa musik dapat mempengaruhi manusia. Namun, kita tahu sekarang bahwa musik dapat memberi kita sukacita karena Tuhanlah yang menyediakannya bagi kita. Saat kita menyembah Tuhan lewat musik, kita juga harus mengakui bahwa Dialah pemusik yang paling hebat. Kita juga tahu bahwa Daud adalah pemusik yang hebat, dia merupakan pencipta lagu yang luar biasa. Daud berkata dalam Mazmur 14:1; orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah”. Melalui ayat ini, kita dapat melihat bahwa jika manusia benar-benar merenungkan asal mula dan tujuan musik, mereka akan tahu bahwa Tuhan sungguh ada.

Maka dari itu, bagi teman-teman yang berbakat dalam musik, kembangkanlah talenta yang telah diberikan Tuhan ini untuk memperluas kerajaanNya. Sedangkan teman-teman yang merasa tidak begitu mahir dalam bermusik, kita tetap bisa memuji Tuhan dengan suara kita melalui nyanyian. Ingat, tujuan utama dari musik adalah untuk memuji dan menyembah Tuhan. Karena itu, jangan lupa untuk datang ke kebaktian kita tepat waktu. Ini merupakan sarana kita untuk memenuhi tujuan utama diciptakannya musik.

Author – Kristian Santosa